Jasa Pengiriman pengertian dan pembagiannya (Bag.3)

C. BERDASARKAN CARA PENGIRIMAN

Pengelompokkan ketiga adalah berdasarkan cara pengiriman.

Cara pengiriman dapat di klasifikasikan menjadi 3 (tiga) , yaitu melalui udara, melalui laut, dan melalui darat.


- Cara Pengiriman melalui udara atau istilah lainnya Air Freight, cara pengiriman melalui udara dapat digunakan untuk tujuan dalam dan luar negri, baik itu berdasarkan jenis pengiriman cargo maupun kurir. Komoditi yang dapat diangkut melalui udara adalah komoditi yang tidak membahayakan bagi penerbangan dan bukan berbahan cairan. Komoditi berbahan cairan tersebut dapat saja diangkut melalui udara tetapi harus memiliki dokumen pendukung dan dokumen resmi untuk keamanan pengiriman barang tersebut.

- Cara Pengiriman melalui laut atau istilah lainnya Sea Freight, cara pengiriman melalui laut dapat digunakan untuk tujuan dalam dan luar negri. Jenis pengiriman melalui laut ini hanya untuk jenis pengiriman cargo atau jumlah besar, tidak berlaku untuk jenis pengiriman kurir. Komoditi yang dapat diangkut melalui laut adalah seluruh komoditi baik itu pertanian, garmen, elektronik, dll, dan bukan komoditi yang dilarang oleh pemerintah. 

- Cara Pengiriman melalui darat dengan nama lain Inland Transportation, atau biasa dikenal dengan trucking. Pengiriman trucking dapat dibedakan menjadi 2 bagian, carter kendaraan dan partial. Bedanya carter kendaraan adalah 1 kendaraan terdiri dari 1 alamat pengirim dan 1 alamat tujuan, sedangkan partial adalah 1 kendaraan terdiri dari beberapa alamat pengirim dan beberapa alamat tujuan, atau dengan kata lain pengiriman barang dicampur dengan berbagai jenis komoditi.


Cara pengiriman melalui darat dapat digunakan untuk tujuan dalam negri saja atau hanya dalam lingkup 1 negara tersebut (Untuk di Indonesia). Jenis pengiriman melalui darat ini biasanya digunakan untuk pengiriman cargo. Komoditi yang dapat diangkut melalui darat adalah seluruh komoditi baik itu pertanian, garmen, elektronik, dll, dan bukan komoditi yang dilarang oleh pemerintah. 

Untuk layanan :
PENGIRIMAN BARANG, CARGO PESAWAT, PENGIRIMAN BARANG LEWAT CARGO, LOGISTIK PENGIRIMAN, JASA MOBIL TRUK ANTAR BARANG, JASA KARGO PENGIRIMAN BARANG

Hubungi Kami :



TPM Cargo & Logistik
Tel. : 0852-1919-9443 
Jl. Teratai Blok 18/132 Klender
Jakarta - Timur




share